LEMBAGA SERTIFIKASI PROFESI


On 10.01 by LSP in
Keluhan

Pelanggan pemegang sertifikasi, juga dapat menyampaikan keluhan secara tertulis ke LSP-P2O Sertifikasi berkaitan dengan kinerja sistem manajemen yang disertifikasi. Keluhan ini disampaikan ke pemegang sertifikat untuk diinvestigasi dan pemegang sertifikat diharuskan untuk mengadakan koreksi dan tindakan perbaikan dalam waktu yang ditetapkan dan hasilnya harus disampikan ke LSP-P2O Sertifikasi dan pelanggan pemegang sertifikat.

Apabila sesuatu hal terjadi yang mengakibatkan sertifikat harus ditarik atau dibekukan, atau terjadi perselisihan antara dua pihak, Klien dapat mengajukan keluhan atau keberatan atas penarikan atau pembekuan sertifikat tersebut. Pengaduan harus dilakukan secara tertulis ditujukan kepada Kepala LSP-P2O Sertifikasi, paling lambat 14 hari sejak pemberitahuan penarikan atau pembekuan diterima oleh klien, dilampirkan dengan bukti-bukti dan data otentik untuk dipertimbangkan dalam proses penyelesaian pengaduan.

Tanggapan dari klien akan menjadi bahan pertimbangan di dalam proses pengambilan keputusan oleh komite pengambilan keputusan sertifikasi. Keputusan sertifikasi oleh komite pengambilan keputusan bersifat final, mengikat kedua belah pihak antara klien dan LSP-P2O Sertifikasi.

Banding

Pemohon banding dapat mengajukan banding ke LSP-P2O Sertifikasi atas keputusan dari LSP-P2O Sertifikasi yang dianggap  belum  memenuhi  atau belum memuaskan pemohon bamding.

Pengajuan banding harus dalam bentuk tertulis dan disampaikan paling lambat 10 hari sejak keputusan dari LSP-P2O Sertifikasi diterima oleh pemohon banding, keputusan yang dimaksud adalah hasil penyelesaian dari LSP-P2O Sertifikasi atas keluhan yang pernah disampaikan sebelumnya oleh pengirim keluhan.

Pemohon banding diberi hak untuk mengirim perwakilannya ke LSP-P2O Sertifikasi untuk ikut dalam investigasi dan penyelesaian banding.

Keputusan banding akan diinformasikan kepada pemohon banding dan keputusan tersebut tidak dapat diganggu gugat.


FLOW CHART KELUHAN/BANDING




(Klik disini) Formulir Banding Asesmen