LSP P2O-LIPI

LEMBAGA SERTIFIKASI PROFESI

LightBlog

Kamis, 25 Mei 2017

Sosialisasi Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) P2O LIPI


Pusat Penelitian Oseanografi LIPI melalui Program COREMAP CTI sedang mempersiapkan proses lisensi Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) P2O LIPI ke BNSP dan mempersiapkan pelaksanaan sertifikasi kompetensi pada jabatan kerja penilai kondisi terumbu karang dan ekosistem terkait. Pelaksanaan sertifikasi kompetensi kerja tersebut sebagai tindak lanjut amanah Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan dan Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2004.

Proses sertifikasi merupakan kegiatan dalam menentukan bahwa seseorang memenuhi persyaratan sertifikasi yang mencakup pendaftaran, penilaian, keputusan sertifikasi, pemeliharaan sertifikasi, sertifikasi ulang, dan penggunaan sertifikat maupun logo atau penanda. Dalam dokumen skema sertifikasi telah tertuang paket kompetensi dan persyaratan spesifik yang berkaitan dengan jabatan atau keterampilan dari seseorang penilai kondisi terumbu karang dan ekosistem terkait.

Sebagai upaya menyebarluaskan informasi mengenai LSP P2O LIPI dan skema sertifikasi di LSP P2O LIPI kepada pihak-pihak terkait dan berkepentingan, maka akan kegiatan sosialisasi ini dilakukan. Sosialisasi sertifikasi akan dilakukan secara terpusat dengan mengundang stakeholder terkait dari wilayah Indonesia Timur, Tengah, dan Barat.

Sosialisasi sertifikasi penilai kondisi terumbu karang dan ekosistem terkait dilaksanakan pada Hari Rabu, 24 Mei 2017 yang bertempat di Ruang Rapat Lantai 5, Pusat Penelitian Oseanografi LIPI . Melalui kegiatan sosialisasi ini diharapkan para pihak terkait dan berkepentingan dapat : (a). Mengetahui informasi tentang LSP P2O LIPI ; (b). Mengetahui latar belakang dan tujuan sertifikasi ;(c). Mengetahui ruang lingkup skema sertifikasi ; (d). Memahami paket/kemasan kompetensi ; (e). Mengetahui persyaratan dasar pemohon sertifikasi ; (f). Mengetahui hak pemohon sertifikasi dan kewajiban pemegang sertifikasi ; (g). Mengetahui biaya sertifikasi ; (h). Memahami proses sertifikasi.

Adbox